1. jelaskan organisasi sebagai badan maupun sebagai terstruktur?
jawab : Organisasi sebagai badan adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama serta secara formal terikat dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan dan bagn juga disebut dengan gambar rancangan,gambar denah dan skema.
Organisasi sebagai terstruktur adalah menggambarkan bagaimanaorganisasi itu mengatur dirinya sendiri,bagaimana mengatur hubungan antara orang dan antar kelompok,suatu keputusan yang diambil oleh organisasi itu sendiri berdasarkan situasi,kondisi dan kebutuhan organisasi terutama ada kaitannya dengan tujuan,sebab struktur organisasi itu mengatur dirinya untuk bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai.
2. jelskan apa yang dimaksud dengan rentang kendali dan jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya rentang kendali?
jawab : Rentang kendali adalah jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer.Rentang kendali sangat perlu dalam pengorganisasian, karena berhubungan dengan pembagian kerja, koordinasi dan pengorganisasian seorang pemimpin (manajer).
Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya rentang kendali :
a. Keterbatasan waktu : pada saat yang bersamaan seorang pemimpin melakukan pekerjaan yang beraneka macam.
b. Keterbatasab pengetahuan : seorang pemimpin tidak mungkin dapat mengetahui semua pekerjaan dalam perusahaan.
c. Keterbatasan kemampuan : seorang pemimpin perusahaan kemampuannya terbatas.
d. Keterbatasan perhatian : seorang pemimpin mempunyai keterbatasan kemampuannya dia tidak dapat memperhatikan semua masalah yang ada.
3. jelaskan apa yang dimaksud struktur organisasi matriks beserta klebihan dan kelemahannya?
jawab : Struktur matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk. Struktur matriks dapat ditemukan di agen periklanan,perusahaan pesawat terbang,laboratorium penelitian,dan pengembangan produksi kontruksi,rumah sakit,lembaga-lembaga pemerintah,universitas,perusahaan konsultan manajemen, dan perusahaan hiburan.
KELEBIHAN :
1) Sesuai untuk beban kerja yang fluktuatif
2) Tujuan proyek menjadi lebih jelas
3) Memungkinkan untuk merespon pada beberapa sector lingkungan secara serentak
4) Banyak jalur untuk melakukan komunikasi
5) Pekerjaan dapat dipahami secara lebih jelas
KELEMAHAN :
1) Strukturnya sangat rumit
2) Biaya relatif tinggi
3) Memungkinkan timbulnya dualism kepemimpinan
4) Relative sulit karena terdapat kepentingan ganda sehingga memerlukan koordinasi kuat
4. jelaskan pengertian organisasi formal dan informal beserta karakteristiknya masing-masing?
jawab : Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
KARAKTERISTIK :
1. Terstruktur
2. Kaku
3. Terumuskan
4. Tahan lama
KELEBIHAN :
1) Pengambilan keputusan cepat
2) Pengendalian lebih mudah
3) Solidaritas antar karyawan tinggi
KELEMAHAN :
1) Pemimpin cenderung otokratis
2) Ketergantungan kepada atasan sangat tinggi
3) Membatasi kesempatan karyawan untuk berkembang
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
KARAKTERISTIK:
1. Lepas
2. Fleksibel
3. Tidak terumuskan
4. Spontan
KELEBIHAN :
1) Mendorong akuntabilitas yang lebih besar terhadap hasil akhir (output yang dihasilkan)
2) Memungkinkan terjadinya diversifikasi keterampilan (cross functional skills)
3) Koordinasi antar fungsi didalam tiap posisi menjadi lebih mudah
KELEMAHAN :
1) Berpeluang menggunakan keterampilan dan sumber daya secara tidak efesien
2) Menuntut adanya ‘’multiple role’’pada para karyawan sehingga dapat menimbulkan work stress
3) Hanya terpaku pada satu produk tertentu
5. jelaskan perbedaan antara pengelolaan organisasi secara sentralisasi dan desentralisasi beserta kelebihan dan kelemahannya?
jawab : Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada diposisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.
KELEBIHAN :
1) Totalitarisme penyelenggaraan pendidikan
2) Keseragaman manajemen, sejak dalam aspek perencanaan,pengelolaan,evaluasi,hingga model pengembangan sekolah dan pembelajaran.
3) Keseragaman pola pembudayaan masyarakat
4) Organisasi menjadi lebih ramping dan efisien
KELEMAHAN :
1) Kebijakan dan keputusan pemerintah daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada dipemerintah pusat sehingga waktu untuk memutuskan suatu hal menjadi lebih lama
2) Melemahnya kebudayaan daerah
3) Kualitas manusia yang robotic,tanpa inisiatif dan kreatifitas
4) Melahirkan suatu pemerintah yang otoriter sehingga tidak mengakui akan hak-hak daerah
Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Banyak sekali perusahaan yang menerapkan system desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.
KELEBIHAN :
1) Dapat melahirkan sosok manusia yang memiliki kebebasan berfikir
2) Mampu memecahkan masalah secara mandiri,bekerja dan hidup dalam kelompok kreatif penuh inisiatif dan impati
3) Memiliki keterampilan interpersonal yang memadai
4) Mendorong terjadinya partisipasi dari bawah secara lebih luas
KELEMAHAN :
1) Wewenang itu hanya menguntungkan pihak tertentu atau golongan serta dipergunakan untuk mengeruk keuntangan para oknum atau pribadi
2) Sulit dikontrol oleh pemerintah pusat
3) Kemampuan keuangan daerah yang terbatas
4) Sumber daya manusia yang belum memadai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar