1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen ?
2. Jelaskan dan uraikan
tentang fungsi-fungsi manajemen dan keterkaitannya satu sama lain ?
3. Jelaskan tentang
berbagai tingkatan manajemen dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh
setiap manajer dalam organisasi ?
4. Jelaskan perbedaan
antara perencanaan strategis dan perencanaan taktis ?
5. Jelaskan berbagai gaya
kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh manajer dalam mengarahkan bawahan dan
jelaskan pula gaya kepemimpinan mana yang baik ?
JAWAB :
1. Manajemen menurut
Ricky W. Griffin adalah sebuah proses
perencanaan,pengorganisasian,pengkoordinasian,dan pengontrolan sumber daya
untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
secara efektif maksudnya
bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan .
secara efesien maksudnya
bahwa tugas yang dilaksanakan secara benar terorganisir dan sesuai dengan
jadwal.
2. a. fungsi perencanaan/planning
adalah suatu strategi untuk mencapai tujuan yang diingingkan.
kegiatan
dalam fungsi perencanaan :
- menetapkan tujuan dan target bisnis
- merumuskan strategis untuk mencapai tujuan dan target bisnis
tersebut
- menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- menetapkan standar/indikator keberhasilan dan pencapaian tujuan
dan target bisnis
b. fungsi
pengorganisasian/organizig adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya
manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan
rencana yang telah ditetapkan serta untuk menggapai tujuan perusahaan.
kegiatan
dalam fungsi pengorganisasian :
-mengalokasikan sumber daya,merumuskan dan menetapkan tugas dan
menetapkan prosedur yang diperlukan.
-menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis
kewenangan dan tanggung jawab.
-kegiatan perekrutan,penyeleksian,pelatihan dan pengembangan sumber daya
manusia/tenaga kerja.
-kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
c. fungsi
pengarahan dan implementasi adalah prosesw implementasi program agar dapat
dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar
semua pihak tersebut dapat menjalakan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran
dan produktifitas yang tinggi.
kegiatan dalam
fungsi pengarahan :
-mengimplementasikan proses kepemimpinan,pembimbing dan pemberian
motivasi kepada tenaga[i1] kerja agar dapat bekerja
secara efektif dan efesian dalam pencapaian tujuan.
-memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
-menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.
d. fungsi
pengawasan dan pengendalian adalah proses yang dilakukan untuk memastikan
seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan dan
diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diinginkan,sekalipun
berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
kegiatan
dalam fungsi pengawasan dan pengendalian :
-mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisbis
sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
-mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin
ditemukan.
-melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait
dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
3. tingkatan manajemen :
1. manajer puncak/top manager : bertanggung jawab atas keseluruhan
kinerja kerja dan keefektifan dari suatu perusahaan.
2. manajer menengah/middle manager : yang berada didalam manajer
tingkat puncak dan manajer lini pertama.
3. manajer lini pertama/first line manager : melakukan pengawasan
atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi,kebijakan dan keputusan
yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah yang telah dijalankan
dengan baik.
*keterampilan yang
dibutuhkan manajer adalah :
a.
keterampilan konseptual (conceptional skill)
b.
keterampilan berhubungan dengan orang lain (humaniti skill)
c. keterampilan
teknik (technical skill)
4. perencanaan strategis
adalah perencanaan yang meliputi keseluruhan program yang akan dilaksanakan
mulai dari survei lapangan,analisis,dan semua perhitungan yang diperlukan untuk
menjaga program tetap berjalan sekaligus menentukan antisipasi untuk kejadian
yang tak terduga.
perencanaan
taktis adalah perencanaan yang syarat dengan spikulasi apapun hasil dan
resikonya itu masalah belakangan yang penting bertindak terlebih dahulu.dalam
perencanaan ini tindakan yang lebih utama.
5. -membuat bawahan
nyaman untuk berterusterang sehingga tidak ada rasa takut untuk berpendapat
-pemimpin
harus sebagai pengambil keputusan yang ahli dan komunikator yang baik
-harus
memahami kemampuan parabawahannya serta memberikan masukan yang benar
-harus
memberikan contoh yang baik dan positif
-harus
dapat mengukur dan menghargai kinerja bawahannya
*gaya
pemimpin harus fleksibel,mengatur bawahannya harus dengan emosi yang
stabil,tidak memimpin dengan ambisius,harus mempunyai sikap menghormati kawan
maupun lawan,kepedulian dan rendah hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar