Wartawarga

Sabtu, 10 Januari 2015

mengenai manajemen


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen ?
2. Jelaskan dan uraikan tentang fungsi-fungsi manajemen dan keterkaitannya satu sama lain ?
3. Jelaskan tentang berbagai tingkatan manajemen dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh setiap manajer dalam organisasi ?
4. Jelaskan perbedaan antara perencanaan strategis dan perencanaan taktis ?
5. Jelaskan berbagai gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh manajer dalam mengarahkan bawahan dan jelaskan pula gaya kepemimpinan mana yang baik ?

JAWAB :
1. Manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah sebuah proses perencanaan,pengorganisasian,pengkoordinasian,dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
secara efektif maksudnya bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan .
secara efesien maksudnya bahwa tugas yang dilaksanakan secara benar terorganisir dan sesuai dengan jadwal.

2. a. fungsi perencanaan/planning adalah suatu strategi untuk mencapai tujuan yang diingingkan.
    kegiatan dalam fungsi perencanaan :
          - menetapkan tujuan dan target bisnis
          - merumuskan strategis untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
          - menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
          - menetapkan standar/indikator keberhasilan dan pencapaian tujuan dan target bisnis
    b. fungsi pengorganisasian/organizig adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta untuk menggapai tujuan perusahaan.
    kegiatan dalam fungsi pengorganisasian :
         -mengalokasikan sumber daya,merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
         -menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
        -kegiatan perekrutan,penyeleksian,pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
       -kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
  c. fungsi pengarahan dan implementasi adalah prosesw implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalakan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
  kegiatan dalam fungsi pengarahan :
       -mengimplementasikan proses kepemimpinan,pembimbing dan pemberian motivasi kepada tenaga[i1]  kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efesian dalam pencapaian tujuan.
       -memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
       -menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.
  d. fungsi pengawasan dan pengendalian adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diinginkan,sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
   kegiatan dalam fungsi pengawasan dan pengendalian :
       -mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisbis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
       -mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
       -melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.

3. tingkatan manajemen :
         1. manajer puncak/top manager : bertanggung jawab atas keseluruhan kinerja kerja dan keefektifan dari suatu perusahaan.
         2. manajer menengah/middle manager : yang berada didalam manajer tingkat puncak dan manajer lini pertama.
         3. manajer lini pertama/first line manager : melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi,kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah yang telah dijalankan dengan baik.
*keterampilan yang dibutuhkan manajer adalah :
   a. keterampilan konseptual (conceptional skill)
   b. keterampilan berhubungan dengan orang lain (humaniti skill)
   c. keterampilan teknik (technical skill)

4. perencanaan strategis adalah perencanaan yang meliputi keseluruhan program yang akan dilaksanakan mulai dari survei lapangan,analisis,dan semua perhitungan yang diperlukan untuk menjaga program tetap berjalan sekaligus menentukan antisipasi untuk kejadian yang tak terduga.
    perencanaan taktis adalah perencanaan yang syarat dengan spikulasi apapun hasil dan resikonya itu masalah belakangan yang penting bertindak terlebih dahulu.dalam perencanaan ini tindakan yang lebih utama.

5. -membuat bawahan nyaman untuk berterusterang sehingga tidak ada rasa takut untuk berpendapat
    -pemimpin harus sebagai pengambil keputusan yang ahli dan komunikator yang baik
    -harus memahami kemampuan parabawahannya serta memberikan masukan yang benar
    -harus memberikan contoh yang baik dan positif
    -harus dapat mengukur dan menghargai kinerja bawahannya
    *gaya pemimpin harus fleksibel,mengatur bawahannya harus dengan emosi yang stabil,tidak memimpin dengan ambisius,harus mempunyai sikap menghormati kawan maupun lawan,kepedulian dan rendah hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar