Wartawarga

Sabtu, 31 Januari 2015

Pelaku Ekonomi dan Peran Pelaku Ekonomi



1. Pelaku-Pelaku ekonomi

           Dalam kehidupan ini setiap orang selalu melakukan kegiatan ekonomi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain, sehingga terdapat beberapa pelaku kegiatan ekonomi, antara lain: Konsumen, produsen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.

a. Rumah Tangga Konsumsi (Konsumen)

           Rumah Tangga konsumsi dapat disebut sebagai konsumen. Konsumen adalah rumah tangga yang melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan. Rumah tangga konsumsi membutuhkan barang dan jasa dari rumah tangga produksi. Jadi, barang dan jasa yang dihasilakan dari rumah tangga produksi digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumsi.Rumah tangga konsumen merupakan penyedia factor produksi. Mereka akan memperoleh penghasilan sewa, upah atau gaji, bunga, dan laba dari penyerahan factor produksi.Penghasilan yang mereka peroleh menjadi sumber daya beli terhadap barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Tidak semua penghasilan untuk konsumsi, sebagian untuk membayar pajak dan ditabung.

b. Rumah Tangga Produksi (Perusahaan)

             Rumah tangga produksi adalah suatu rumah tangga ekonomi yang berfungsi memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebututhan masyarakat. Untuk melakukan proses produksi dari rumah tangga konsumen dan akhirnya memperoleh output sesuai dengan keinginan. Rumah tangga produsen akan akan memperoleh pendapatan dari penjualan barang dan jasa yang diproduksinya. Sementara pengeluaran biaya operasional, pembelian factor produksi, dan pembayaran pajak kepada pemerintah.

c. Rumah Tangga Negara (Pemerintah)

              Rumah tangga Negara adalah suatu rumah tangga ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah degan maksud mewujudkan salah satu tujuan nasional, yaitu mewujudkan kesejahteraan umum.

d. Masyarakat Ekonomi Luar Negeri

              Masyarakat luar negeri adalah pelaku ekonomi yang sangat penting. Berbagai kerja sama dalam bidang ekonomi dilakukan dengan masyarakat luar negeri untuk mempelancar arus perdagangan.


2. Peran Pelaku-Pelaku Ekonomi

a. Rumah Tangga Konsumsi (Konsumsi)

           Rumah tangga konsumsi memiliki beberapa peranan dalam kegiatan ekonomi yang meliputi hal-hal sebagai berikut.

1. Sebagai Konsumen

Sebagai konsumen, rumah tangga konsumsi berperan mengonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi.

2. Sebagai Pemasok atau Pemilik Faktor Produksi

Faktor produksi yang ditawarkan kepada perusahaan dapat beruapa tanah, tenaga kerja, modal, dan keahlian. Sebagai pemasok atau pemilik factor produksi, rumah tangga konsumsi juga berhak menerima imbalan berupa sewa tanah, upah atau gaji, dan laba.

3. Sebagai Penerima Imbalan

Imbalan berupa:

a. Sewa tanah (bagi yang menyewakan tanah)

b. Upah atau gaji (bagi yang menjadi tenaga kerja)

c. Bunga modal (bagi yang memberikan modal), dan

d. Laba (bagi yang mengandalkan keahlian baik sewa, upah, bunga, dan laba).

b. Rumah Tangga Produksi

Peranan Rumah tangga produksi dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut.

1. Sebagai produsen

Sebagai produsen, rumah tangga produksi menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi pada khususnya masyarakat pada umumnya.

2. Sebagai Pengguna Faktor Produksi

Supaya dapat menghasilkan barang dan jasa, perusahaan memerlukan beberapa factor produksi yang berupa SDA, bahan baku, modal, tenaga kerja, dan keahlian. Perusahaan mendapat factor-faktor produksi tersebut dari rumah tangga konsumsi.

3. Sebagai Agen Pembangunan

Sebagai agen pembangunan, berarti rumah tangga produksi berperan membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan, seperti membuka lapangan kerja, membangun infrastruktur, meningkatkan kualitas SDM, dsb.

c. Rumah Tangga Negara (Pemerintah)

1. Sebagai Pengatur

Pemerintah harus mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk mrnjaga stabilitas ekonomi dan mencegah terjadinya kekacauan, serta hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian bagi rakyat banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat UU, melakukan pengawasan, serta menetapkan kebijakan fiscal dan moneter.

2. Sebagai Konsumen

Untuk melaksanakan tugas-tugasnya, pemerintah juga memerlukan barang dan jasa. Misalnya, untuk keperluan kantor dan dan instansi, pemerintah memerlukan berbagai peralatan. Selain itu, untuk kesejahteraan rakyat pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk menyediakan sarana dan prasarana publik, seperti jalan, jembatan, rumah sakit, sekolah, dsb.

3. Sebagai Produsen (Investor)

Pemerintah juga bertindak sebagai produsen dengan menjalankan berbagai perusahaan milik Negara. Khususnya produksi barang dan jasa yang vital bagi kepentingan Negara dan bagi kesejahteraan masyarakat.

Seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dsb.

d. Masyarakat Ekonomi Luar Negeri

1. Sebagai Konsumen

Sebagai konsumen dari produk barang dan jasa yang dihasilkan yaitu barang dan jasa kita ekspor ke luar negeri.

2. Sebagai Produsen

Artinya mereka mengekspor barang kepada Negara kita dan kita mengonsumsinya dengan cara menginpor barang dan jasa yang mereka hasilkan.

3. Sebagai Investor

Artinya mereka bertindak sebagai penanam modal, hal ini dikarenakan mereka mempunyai dana yang lebih banyak.

4. Sebagai Sumber Tenaga Ahli

Negara-negara maju banyak memiliki tenaga-tenaga ahli di setiap bidang pekerjaaan. Untuk memenuhi kekurangan tenaga-tenaga ahli di dalam negeri, kita memenuhinya dari Negara-negara maju tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar