Wartawarga

Selasa, 06 Januari 2015

serigala yang cerdik



Ditengah hutan,pada suatu siang terdengar auman seekor singa. Itu tandanya bahwa ia lapar. Memang beberapa har i ini tak ada binatang lainnya mendekat, tetapi sebagai akibatnya dari aumannya itu, datanglah gaung dari arah gua yang tak jauh dari situ letaknya.ia pun berpikir, pasti ada juga binatang yang tinggal disana. Karenanya iya bermaksud menungguinya sampai binatang dalam gua itu keluar.
                Sudah cukup ia lama menantinya. Tetapi tidak seekor pun binatang keluar dari sana. Kemudian pikirnya pastilah binatang itu telah keluar. Sebab itu ia ingin menantinya saja di dalam sana di tempat yang gelap, sehingga jika binatang itu masuk tidak melihatnya.
                Ternyata gua itu rumah seekor serigala. Tidak lama setelah singa berada disana, ia pun pulang. Tetapi ia sempat melihat bekas telapak kaki singa yang membekas didepan gua. Wah, ini berbahaya, pikirnya. Karenanya ia menetapkan diri akan tetap saja berada di luar gua.
                Tetapi tiba-tiba gagasan cerdiknya melintas diotaknya. Lalu serigala itu pun berteriak, ‘’wahai guaku saying, mengapa kau tidak menyambut kedatanganku dengan salammu? Apakah yang sedang terjadi denganmu ? adakah kau sedang tidur, atau bahkan pingsan atau mati ? mengapa kali ini kau diam saja? Jika saja kau sekarang tidak menyambutku, maka aku akan meninggalkanmu. Aku akan mencari gua yang lain.’’
                Di dalam, singa mendengar semua yang diucapkan oleh serigala. Dan ia pun berkata pada dirinya sendiri,’’ gua ini mempunyai kebiasaan menyambut kedatangan serigala bila pulang. Kini pasti gua , jadi takut karena keberadaan dirinya. Sedangkan serigala akan segera pergi jika ia tidak mengucapkan salam.’’
                Tiba-tiba saja dari mulut singa meluncur, ‘’wahai sahabatku,selamat datang di guamu tersayang…’’

                Kini serigala yakin sekali bahwa singalah yang ada disana. Oleh sebab itu tanpa berkata sepatah pun ia segera lari sekencang-kencangnya meninggalkan tempat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar