Wartawarga

Sabtu, 31 Januari 2015

Pola Perilaku Konsumen



A. Pola Prilaku Konsumen

a. Perilaku Konsumsi Rasional

Adalah perilaku konsumen yang didasari atas pertimbangan rasional (nalar) dalam mengonsumsi suatu produk. Konsumen dikatakan rasional, jika dalam mengonsumsi suatu barang mempertimbangkan hal-hal berikut.

1) Produk tersebut mampu memberikan kegunaan optimal (optium utility) bagi konsumen.

2) Produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.

3) Mutu produk terjamin.

4) Harga terjangakau dan sesuai dengan kemampuan konsumen yang membeli.

b. Perilaku Konsumen Tidak Rasional

Tindakan dalam belanja dapat dikatakan tidak rasional jika seorang konsumen memutuskan membeli barang tanpa pertimbangan yang baik. Perilaku konsumen yang tidak rasional, antara lain sebagai berikut.

1) Membeli barang hanya tertarik dengan iklannya.

2) Tertarik membeli barang hanya karena mereknya yang terkenal.

3) Mmebeli barang hanya karena obral atau untuk memperoleh bonus.

4) Konsumsi hanya untuk pamer atau gengsi bukan karena kebutuhan akan barang tersebut.

c. Kepuasan Konsumen terhadap Produk

Kepuasan dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang mencerminkan kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi. Rasa puas dalam menggunakan suatu barang dapat diwujudkan dalam sifat loyal terhadap barang tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi konsumen, menurut Vincent Gasperz, yaitu sebagai berikut.

1) Kebutuhan dan keinginan.

2) Pengalaman masa lalu.

3) Pengalaman dari teman.

4) Komunikasi iklan dan pemasaran.

d. Karakteristik Produk yang Diinginkan Konsumen.

Konsumen dalam mengonsumsi suatu produk akan memilih yang lebih baik, tidak cacat, dan tidak kadaluwarsa. Tidak semua produk yang dihasilkan akan dikonsumsi konsumen. Pada umumnya konsumen akan memilih produk yang memiliki karakteristik sebagai berikut.

1) Lebih murah

Biasanya produk yang lebih murah harganya lebih diinginkan konsumen. Karakteristik lebih murah berkaitan dengan biaya produksi. Jika produsen bisa menghasilkan produk yang lebih murah konsumen akan lebih tertarik karena factor harga merupakan pertimbangan paling penting bagi konsumen dalam melakukan pembelian.

2) Lebih Cepat

Karakteristik lebih cepat berkaitan dengan waktu. Konsumen menginginkan produk yang mudah didapat serta berada di mana saja sehingga konsumen tidak kerepotan dalam mengonsumsi suatu produk.

3) Lebih Baik

Karakteristik lebih baik berkaitan dengan kualitas produk. Produk dengan kualitas lebih baik tentu akan lebih banyak dikonsumsi daripada produk yang kualitasnya kurang baik.

HEheheheeeeeee thankyouuuuuuuu:p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar