Wartawarga

Jumat, 05 Desember 2014

akuntansi sebagai sistem informasi



Akuntansi adalah system informasi yang mengukur aktivitas bisnis,mengolah data menjadi laporan,dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Akuntansi adlah “bahasa bisnis”karena dengan akuntasi sebagian besar informasi bisnis dikomunikasikan. Perusahaan mendistribusikan laporan akuntansi yang meringkas kinerja keuangan perusahaan kepada pemilik,kreditur,pemerintah, dan calon investor. Semakin baik anda menguasai bahasa bisnis,akan semakin baik pula anda mengelola perusahaan.
Definisi akuntansi

Akuntansi dapat didefinisikan dari dua sudut pandang, yaitu dari sudut pemakai jasa akuntansi, dan dari sudut proses kegiatannya.

Dilihat dari sudut pemakai : akuntansi dapat didefinisikan sebagai “suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu entitas”. Informasi yang dihasilkan akuntansi diperlukan untuk :

1.       Membuat perencanaan yang efektif, pengawasan,pengambilan keputusan oleh manajemen dan
2.       Pertanggungjawaban entitas kepada para investor,kreditor,badan pemerintah dan sebagainya.

Dari definisi ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

1.       Akuntansi diselenggarakan dalam suatu entitas (bisa berupa organisasi bisnis maupun organisasi nirlaba). Informasi akuntansi yang dihasilkan adalah informasi tentang entitas (catatan : dalam buku ini entitas yang dimaksud adalah e ntitas bisnis atau perusahaan).

2.       Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan. Informasi ini digunakan dalam pengambilan keputusan intern organisasi (oleh-manajemen yaitu orang yang diberi tugas untuk memimpin perusahaan), dan juga untuk pengambilan keputusan oleh pihak ekstern organisasi (oleh-investor yaitu orang-orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba; oleh kreditor yaitu orang-orang yang member pinjaman kepada perusahaan dan pihak lainnya.

Definisi dari sudut proses kegiatan : akuntansi dapat didefinisikan sebagai “proses pencatatan,penggolongan,peringkasan,pelaporan,dan penganalisisan data keuangan suatu entitas”. Definisi ini menunjukan bahwa kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan. Pada dasarnya akuntansi harus :

1.       Mengidentifikasikan data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.

2.       Memproses atau menganalisis data yang relevan.

3.       Mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar