Wartawarga

Jumat, 19 Desember 2014

tujuan pemakaian neraca lajur



Neraca lajur adalah suatu kertas berkolom-kolom (berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan keuangan dengan cara sistematis. sebernarnya neraca lajur lebih tepat disebut kertas kerja yang digunakan sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan-laporan keuangan.neraca lajur bukan merupakan bagian dari catatan-catatan akuntansi yang formal. oleh karena itu sifatnya tidak formal, maka penyusunan dapat juga dilakukan dengan menggunakan pensil, sehingga lebih mudah dikoreksi apabila terjadi kesalahan.

neraca lajur sangat bermanfaat untuk memeriksa data yang akan disajikan dalam laporan keuangan. dalam neraca lajur saldo akun-akun buku besar disesuaikan,diseimbangkan dan disusun menurut cara-cara yang sesuai dengan penyusunan akun-akun dalam laporan keuangan.pemakaian neraca lajur juga dapat menunjukan bahwa prosedur-prosedur yang dapat dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan seluruhnya.

neraca lajur bukan laporan keuangan. oleh karena itu neraca lajur tidak perlu dipublikasikan pada pihak luar. perlu disadari pula bahwa neraca lajur tidak dapat menggantikan kedudukan catatan-catatan akuntansi atau laporan-laporan keuangan,melainkan semata-mata hanya merupakan alat pembantu untuk menyusun laporan keuangan.

dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan pembuatan neraca lajur adalah :

1. untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan

2. untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian,sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.

3. untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar