Wartawarga

Jumat, 05 Desember 2014

Bidang akuntansi publik




Audit atas laporan keuangan (auditing) adalah bidang pekerjaan profesi akuntansi paling utama diberikan kepada public (umum). Audit atas laporan keuangan adalah pemeriksaan secara independen untuk menilai kewajaran laporan keuangan yang disusun manajemen bagi para investor, kreditur,dan pihak luar lainnya. Laporan keuangan yang disusun oleh manajemen,seringkali tidak dipercaya oleh pihak-pihak luar karena adanya perbedaan kepentingan antara manajemen dengan pemakai laporan lainnya. Hasil pemeriksaan akuntan public dituangkan dalam laporan yang disebut laporan auditor independen. Apabila akuntan public yakin bahwa laporan keuangan menyajikan informasi secara wajar maka ia akan memberikan pendapatannya bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan prinsip akuntansi.

Akuntansi perpajakan adalah jasa akuntan public yang banyak dibutuhkan masyarakat. Tujuan yang inigin dicapai dengan pmberian jasa ini adalah : untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan untuk membantu membuat perencanaa pajak (tax planning)

Konsultasi manajemen adalah pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas. Biasanya jasa ini diberikan bersaman dengan pemeriksaan atas laporan keuangan. Sebagai auditor akuntan biasanya mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai operasi perusahaan yang diperiksanya. Oleh karena itu akuntan public dapat memberikan berbagai pertimbangan dan saran kepada manajemen untuk memperbaiki hasil operasi perusahaan yang menggunakan jasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar