Wartawarga

Jumat, 05 Desember 2014

jurnal penyesuaian



1. Menjelaskan tentang asumsi periopde waktu : asumsi ini beranggapab bahwa umur ekonomis suatu bisnis dapat dibagi-bagi kedalam periode waktu artifisal (buatan)

2. Menjelaskan tentang berbasis akural : akuntansi berbasis akural berarti bahwa peristiwa-peristiwa yang mengubah laporan keuangan perusahaan harus dicatat pada periode terjadinya,dan bukan pada periode ketika perusahaan menerima atau membayar kas.

3. Menjelaskan mengapa kita membutuhkan jurnal penyesuaian : jurnal penyesuaian dibuat diakhir periode akuntansi. Tujuannya untuk memastikan bahwa pendapatan dicatat pada periode dihasilkan dan beban diakui pada periode terjadinya.

4. Menyebutkan jenis-jenis utama jurnal penyesuaian : jenis-jenis utama jurnal penyesuaian adalah beban dibayar dimuka,pendapatan diterima dimuka,akural pendapatan (pendapatan yang masih harus diterima) dan akuran beban (beban yang harus masih dibayar).

5. Membuat jurnal penyesuaian untuk pembayaran atau penerimaan dimuka (prepayment) : pembayaran atau penerimaan dimuka terdiri atas beban dibayar dimuka (prepaid expenses) atau pendapatan diterima dimuka (unearned revenue). Jurnal penyesuaian perlu dibuat pada tanggal neraca untuk mencatat bagian dari pembayaran atau penerimaan dimuka yang menunjukan beban yang telah terjadi atau pendapatan yang telah dihasilkan pada periode akuntansi berjalan.

6. Membuat jurnal penyesuaian untuk akural : akuran terdiri atas akuran pendapatan (pendapatan yang harus diterima ) dan akural beban (beban yang masih harus dibayar (jurnal penyesuaian perlu dibuat pada tanggal neraca untuk mencatat pendapatan yang telah dihasilkan dan beban yang telah terjadi pada periode akuntansi berjalan yang belum dicatat melalui jurnal harian.

7. Menjelaskan sifat dan tujuan dari neraca saldo dissuaikan : neraca saldo disesuaikan menunjukan saldo dari seluruh akun,termasuk akun-akun disesuaikan,diakhir periode akuntansi. Tujuannya adalah memperlihatkan pengaruh dari seluruh peristiwa keuangan yang telah terjadi dalam suatu periode akuntansi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar